IPA dan IPS -Keadilan yang Semu-

Diposting oleh : Fausten | Dirilis : 01.03 | Series :
Assalamualaikum Wr. Wb
Kali ini Saya memposting sebuah artikel yang ditujukan untuk tugas individu sosiologi. Artikel ini dibuat bukan hanya tugas semata melainkan sebagai informasi untuk para pembaca yang mengunjungi blog saya ini.


IPA dan IPS –Keadilan yang Semu-
Oleh : Salwa Aprilia





                Istilah IPA dan IPS mungkin sudah tidak asing ditelinga kita, bahkan dikalangan masyarakat dan siswa siswi yang beranjak menuju ke tingkat SMA. IPA dan IPS merupakan nama jurusan yang ada di SMA. IPA adalah singkatan dari  “Ilmu Pengetahuan Alam”, sementara IPS singkatan dari “Ilmu Pengetahuan Sosial”. IPA identik dengan pelajaran Logika yaitu Kimia, Biologi, dan Fisika, sementara IPS identik dengan pelajaran Analisis yaitu Sosiologi, Geografi, dan Ekonomi.  Dilihat dari keduanya ada kesamaan dalam inti dari pembelajarannya, namun dari itu semua banyak orang memiliki pandangan bahwa kedua jurusan itu memiliki perbedaan yang sangat jauh.
                Dari pandangan masyarakat, IPA lebih cerdas ataupun lebih unggul dibandingan dengan IPS. Sebagai contoh, masyarakat lebih ingin anaknya masuk ke jurusan IPA dibandingkan dengan IPS dikarenakan agar anak tersebut bisa melanjutkan kuliahnya ke tempat unggulan atau agak belajarnya semakin baik dan tidak seperti anak yang masuk ke jurusan IPS yang pemalas menurut mereka. Dan dari pandangan pendidikan khususnya dari pandangan guru, ada sebagian guru-guru yang mengatakan bahwa siswa IPA cenderung lebih pintar dan cekatan dibandingan siswa IPS, hal ini justru akan menyebabkan mental ataupun cara berpikir siswa IPS tersebut tertekan. Bukankah seorang guru ataupun masyarakat harusnya memberi dukungan atau sebuah contoh agak siswa tersebut bisa lebih maju?
                Seharusnya pandangan ini harus diubah, karena belum tentu anak yang masuk ke jurusan IPA tersebut lebih pintar atau mampu ketimbang anak IPS atau justru anak IPS yang lebih pintar dari anak IPA. Oleh karena itu kita harus bisa intropeksi diri, jika kita masih kurang kita tingkatkan lagi, apabila kita sudah lebih baik kita pertahankan ataupun bisa kita tingkatkan lagi. Masih banyak orang-orang di luar sana yang lebih baik dari kita. IPA maupun IPS sama saja tidak ada yang membedakan apapun kecuali cara kita untuk mempelajari jurusan tersebut dengan baik atau tidak.

Sampai di sini dulu artikel yang saya persembahkan untuk anda semua, kesimpulannya adalah IPA dan IPS merupakan jurusan yang ada di SMA guna untuk mencari jati diri dari masing-masing siswa tersebut tergantung cara mereka masing-masing. Mohon maaf atas segala kesalahan baik dari informasi yang saya dapan ataupun ada kesamaan dalam isi artikel.

Wassalamualaikum Wr. Wb
Salam Anime!!


Salwa Aprilia

Post Lainnya? "IPA dan IPS -Keadilan yang Semu-"

Facebook
Blogger

Allrights reserved Copyright © 2015. Design by iMoechansz
Powered By Blogger
Back to top